Cara daftar BBM subsidi di MyPertamina

cara daftar BBM subsidi

BBM subsidi,dalam hal ini solar dan pertalite, ditengarai banyak dinikmati konsumen yang secara aturan tidak berhak menikmati .BBM Subsidi yang harganya ditetapkan pemerintah dan sebagian harga jualnya disubsidi menggunakan APBN,memang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah,angkutan massal dan bukan kalangan mampu dan industri.

Upaya pemerintah agar dapat memastikan penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran adalah dengan meregistrasi konsumen BBM bersubsidi.Terhitung mulai 1 Juli 2022, konsumen solar subsidi dan Pertalite roda 4 harus mendaftarkan kendaraan dan data dirinya melalui website subsidi tepat.

Dengan mendaftarkan kendaraan beserta data diri ke website subsiditepat.mypertamina.id ,maka pelanggan dapat menggunakan soolar subsidi dan Pertalite roda 4.

Peruntukkan BBM bersubsidi Bio Solar

Dalam Perpres No 191 tahun 2014 telah disebutkan peruntukkan BBM bersubsidi Bio Solar yaitu

1. Transportasi darat

  • Kendaraan bermotor perseorangan di jalan untuk angkutan orang atau barang dengan tanda nomor kendaraan berwarna dasar hitam dengan tulisan putih
  • Kendaraan bermotor umum di jalan untuk angkutan orang atau barang dengan tanda nomor kendaraan berwarna dasar kuning dengan tulisan hitam, kecuali mobil barang untuk pengangkutan hasil kegiatan perkebunan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari 6 buah.
  • Semua jenis kendaraan untuk pelayanan umum, antara lain mobil ambulans, mobil jenazah, mobil pemadam kebakaran, dan mobil pengangkut sampah.
  • Sarana transportasi darat berupa kereta api umum penumpang dan barang berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Badan Pengatur

2. Transportasi air

  • Transportasi air yang menggunakan motor tempel dan diusahakan oleh Warga Negara Indonesia atau Badan Hukum Indonesia yang digunakan untuk angkutan umum/perseorangan dengan verifikasi dan rekomendasi dari Lurah, Kepala Desa, atau Kepala SKPD kabupaten/kota yang membidangi transportasi.
  • Sarana transportasi laut berupa kapal berbendera Indonesia dengan trayek dalam negeri berupa angkutan umum penumpang berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Badan Pengatur
  • Sarana transportasi angkutan umum berupa kapal berbendera Indonesia untuk angkutan sungai, danau, dan penyeberangan berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Badan Pengatur.
  • Sarana transportasi angkutan umum berupa kapal pelayaran rakyat atau perintis berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Badan Pengatur.

3. Pelayanan Umum

  • Krematorium dan tempat ibadah untuk proses pembakaran dan/atau penerangan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari Kepala SKPD kabupaten/kota yang membidanginya.
  • Panti asuhan dan panti jompo untuk penerangan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari SKPD kabupaten/kota yang membidanginya.
  • Rumah sakit tipe C dan tipe D, dan puskesmas untuk penerangan dengan verifikasi dan surat rekomendasi dari SKPD kabupaten/kota yang membidanginya

Sedangkan, kriteria kendaraan yang boleh menggunakan Pertalite masih dalam tahap penerbitan revisi Perpres No 191 tahun 2014.

Syarat-syarat untuk pendaftaran BBM bersubsidi

BBM bersubsidi


Cara daftar BBM subsidi di MyPertamina

1.Buka website subsiditepat.mypertamina.id atau dengan scan kode QR pendaftaran.

Daftar BBM subsidi

2.Pada halaman depan pendaftaran beri centang pada kotak sebagai konfirmasi telah memahami penjelasan.

Daftar BBM subsidi

3.Kemudian klik Daftar Sekarang.

Daftar BBM subsidi

4.Isi data diri sesuai KTP pada kolom yang tersedia dan upload juga foto KTP serta foto diri.

cara daftar BBM subsidi

5.Masukkan password untuk digunakan bila ada perubahan data. Catat dan ingat password ini.

cara daftar BBM subsidi

6.Bila sudah terisi dengan benar, klik Selanjutnya.

cara daftar BBM subsidi

7.Isi data kontak & alamat secara lengkap,Bila sudah terisi dengan benar, klik Selanjutnya.

daftar BBM subsidi

8.Pilih Jenis Subsidi.

cara daftar BBM subsidi

9. Pilih Tipe Customer.

cara daftar BBM subsidi

10. Di bagian isian data kendaraan, upload foto STNK serta foto kendaraan dan nopol.Pastikan foto yang di-upload jelas dan sesuai contoh yang diberikan.

cara daftar BBM subsidi

11. Masukkan data pengguna kendaraan yang didaftarkan.

cara daftar BBM subsidi

12. Data kendaraan, instansi, dan pengguna kendaraan boleh lebih dari satu atau sesuai jumlah kendaraan yang dimiliki.

cara daftar BBM subsidi

13. Untuk tipe customer Non-Kendaraan, lengkapi data pada formulir secara benar kemudian upload foto Surat Rekomendasi dan isi kolom data sesuai yang tertera pada surat.Kemudian masukkan nilai kuota sesuai dengan jumlah yang tertera di surat rekomendasi.

cara daftar BBM subsidi

14. Kemudian masukkan password untuk melakukan klaim penggunaan subsidi bagi kendaraan yang didaftarkan. Catat dan ingat password yang dimasukkan ya!

cara daftar BBM subsidi

15. Bila telah terisi lengkap dan sesuai,klik Selanjutnya.

cara daftar BBM subsidi

16. Beri centang pada kotak persetujuan privasi data, kemudian klik Daftar Pengguna BBM Subsidi

cara daftar BBM subsidi

17. Pendaftaran pelanggan BBM subsidi akan melalui proses konfirmasi data dalam tujuh hari kerja.

18. Bila pendaftaran pelanggan BBM subsidi telah terkonfirmasi, pelanggan dapat melakukan pembelian solar subsidi atau Pertalite dengan terlebih dahulu men-download kode QR dari Aplikasi MyPertamina atau website
subsiditepat.mypertamina.id

Post a Comment

0 Comments