Cara mendapatkan listrik gratis dampak wabah virus corona


Pemerintah memberikan keringanan pembayaran tagihan listrik sebagai bagian dari 6 jaringan pengaman sosial untuk menekan dampak wabah corona/covid-19.Dengan adanya kebijakan ini maka Pemerintah melalui PLN akan memberikan keringanan pembayaran tagihan kepada 31 juta pelanggan.

Siapa saja yang mendapatkan keringanan tagihan listrik?

1.Pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar dan prabayar.

Pelanggan 450 VA pasca bayar akan dibebaskan tagihannya selama 3 bulan yaitu pada bulan April, Mei dan Juni. Sedangkan untuk untuk pelanggan 450 VA pra bayar akan mendapatkan token gratis senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

2.Pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi pascabayar dan prabayar

Pelanggan 900 VA subsidi pasca bayar mendapat diskon 50% tagihan listrik selama 3 bulan yaitu pada bulan April,Mei dan JuniSedangkan pelanggan 900 VA subsidi pra bayar akan mendapat token listrik 50% dari pemakaian listrik tertinggi selama 3 bulan terakhir.

Tidak semua pelanggan 900 VA akan mendapat potongan tagihan 50%.Pelanggan 900 VA yang mendapat diskon 50% tagihan adalah pelanggan yang masuk kategori subsidi,sedangkan pelanggan 900 VA non subsidi tidak mendapat potongan diskon tagihan 50%.Untuk melihat masuk kategori pelanggan 900 VA subsidi atau non subsidi bisa dilihat pada struk pembayaran atau pada meteran listrik.Apabila mempunyai kode tarif R1maka termasuk golongan 900 VA subsidi,sedangkan kode tarif R1M adalah golongan 900 VA non subsidi.


Mekanisme mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50%


1.Melalui WhatsApp

2.Melalui web PLN

  • Buka website PLN
  • Klik Pelanggan --> Stimulus Covid-19
  • Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter untuk mendapatkan token listrik gratis dan diskon token 50%.

Sumber :

Post a Comment

0 Comments