Cara memasak nasi menggunakan rice cooker


Apakah memasak nasi merupakan pekerjaan yang sepele dan mudah?Bagi sebagian orang bisa jadi merupakan pekerjaan yang gampang.Namun bagi sebagian yang lain bisa saja menjadi sulit,apalagi mereka yang dalam kesehariannya memang tidak terbiasa memasak.

Langkah-langkah memasak nasi dengan rice cooker

1.Cuci beras sebelum dimasak

Mencuci berasa bisa menjadi hal yang dilematis.Di satu sisi beras menjadi lebih bersih dan hasil masakan menjadi lebih tahan lama dan tidak cepat basi.Namun di sisi lain dengan mencuci terlampau bersih,bisa menghilangkan kandungan gizi dalam beras.Solusinya adalah mencuci beras jangan terlampau bersih ( maksimal 2 kali rendam air ) dan konsekwensinya adalah kita harus masak nasi dengan porsi terukur dan sering masak nasi untuk menghindari nasi basi.
  • Diaduk sewajarnya,tidak perlu diremas sampai bulir berasnya patah yang berpotensi hilangnya kandungan gizi dalam beras. 
  • Buang air cucian pertama untuk kemudian diisi lagi dengan air bersih.Hindari mencuci beras hingga airnya menjadi bening karena akan menghilangkan kandungan gizi beras.
  • Siapkan wadah untuk mencuci beras.Sebaiknya tidak menggunakan wadah rice cooker untuk mencuci beras agar lapisan panci rice cooker tidak rusak akibat proses pencucian beras. 

2.Takar ukuran beras yang akan di masak.

Untuk menakar berapa beras yang harus dimasak agar sesuai dengan kebutuhan tentunya tidak mudah.Karena masing-masing varietas beras akan menunjukkan hasil berbeda ketika dimasak.Secara umum 1 cangkir beras akan menghasilkan 1,5 cangkir sampai 3 cangkir nasi.Semakin lama akan semakin terasah kemampuannya untuk menentukan takaran beras yang pas untuk dimasak.

3.Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker.

Setelah beras dicuci,kemudian masukkan ke panci rice cooker.Tuang air ke dalam panci rice cooker sehingga air mencapai setinggi ruas pertama telunjuk jari orang dewasa.Dengan takaran air sebanyak itu ,maka diharapkan nasi yang dihasilkan tidak terlampau lembek atau tidak terlampau keras juga.

4.Nyalakan rice cooker.

Nyalakan rice cooker.Jangan lupa tombol harus berada di mode Cook. Tunggu beberapa saat sampai tombol Cook berpindah ke tombol Warm.

Sumber:

Photo by Pille-Riin Priske on Unsplash

Post a Comment

0 Comments