Bagaimanakah cara membuka file AutoCad versi terbaru dengan AutoCad versi lama?


Ada banyak alasan mengapa orang tetap memakai AutoCad versi lama ketimbang menggantinya dengan versi yang baru.Salah satunya adalah kemampuan komputer menjalankan software tersebut.Awalnya mempunyai komputer dengan RAM 2 GB sudah dirasa berlimpah daya kemampuannya.Semakin kesini,software grafis terbaru menjadi sangat rakus memori.Alhasil untuk mampu menjalankan software terbaru dengan baik diperlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Namun tetap menggunakan AutoCad versi lama juga bukan berarti bebas masalah.Terutama bagi mereka yang sering berbagi file dengan instansi lain karena hubungan pekerjaan.File AutoCad versi baru tidak akan bisa dibuka dengan AutoCad versi lama.Terkecuali sebelumnya sudah kita mintakan agar file tersebut di konversi ke versi yang kompatibel dengan software yang dimiliki.Karena AutoCad,sama juga dengan software office,tersedia fitur untuk melakukan penyimpanan file ke versi AutoCad lebih lama.


Untuk membuka file AutoCad versi terbaru dengan AutoCad versi lama harus menggunakan aplikasi ketiga sebagai pembantu.
Caranya :
  1. Download software gratis dari Autodesk yang bernama Autodesk DWG True View.Software ini lumayan besar filenya,sekitar 641 MB.Namun dengan kecepatan nternet saat ini rasanya tidak menjadi masalah untuk mendownload file sebesar itu.
  2. Install di komputer kita dan buka file menggunakan software Autodesk DWG True View.
  3. Save as / Simpan ulang file ke versi yang sesuai dengan software yang kita miliki.
  4. Setelah file AutoCad sudah berubah menjadi versi seperti yang kita miliki,file sudah bisa dibuka dan dilakukan proses editing.Proses pengeditan tetap harus dilakukan di AutoCad karena Autodesk DWG View hanya berfungsi untuk melihat file dan melakukan konversi ke versi berbeda.

Post a Comment

0 Comments