Comments

Recent Comments:

Post Top Ad

Post Top Ad

Archive

Newsletter

Post Top Ad

Author Details

Seorang Ibu Rumah Tangga biasa.Mengisi waktu dengan belajar menulis

Hot

Sponsor

Beauty

Popular

Recent

About Us

Tuesday, April 4, 2017

Arti kode pada type kamera dslr....




Pada kamera DSLR,setiap type kamera  selalu disertai kode-kode tertentu yang menunjukkan spsesifikasi dan kemampuan kamea tersebut.Misal salah satu kamera dslr yang dijual di sebuah online shop yaitu : CANON EOS 7D MARK II EF-S18-135MM F3.5-5.6 IS STM.Atau kalau untuk merk lain misalnya NIKON D7200 KIT AF-S 18-140MM F/3.5-5.6G ED VR.Apakah maksud dari kode tersebut?


Canon  EOS 7D MARK II EF-S18-135MM F3.5-5.6 IS STM
EF-S
EF adalah lensa standard pada kamera Canon EOS yang diperkenalkan pada tahun 1987.EFmerupakan singkatan dari Electro Focus.EF-S adalah lensa turunannya yang diperkenalkan pada tahuan 2003. Lensa EF dapat dipasang di badan EF-S namun lensa EF-S tidak dapat digunakan. dipasang pada badan EF.

Selain EF-S ada lagi lensa turunannya yaitu lensa EF-M yang diperkenalkan pada Oktober 2012. Lensa EF-M dirancang khusus untuk mirrorless interchangeable-lens (MILC) dengan sensor APS-C. Lensa EF dan EF-S dapat dipasang di badan EF-M melalui Adaptor Mount EF-EOS M.

18-135 mm
Merupakan ukuran focal length sebuah lensa.Focal length adalah jarak antara lensa dan bidang focal(sensor pada kamera digital atau film pada kamera konvensional).Semakin panjang focal length maka semakin sempit sapuan pandangan yang dihasilkan.Lensa jenis ini disebut juga lensa tele.Demikian juga sebaliknya, semakin pendek focal length, maka semakin lebar sapuan pandangan yang dihasilkan.Biasa juga disebut lensa wide.

Lensa dengan variasi rentang ukuran focal length disebut juga lensa zoom.Kebalikannya ada lensa yang hanya mempunyai satu ukuran focal length disebut lensa prime atau lensa fixed.

F3.5-5.6
F3.5-5.6 adalah ukuran aperture atau bukaan lensa maksimum.Bukaan lensa maksimum adalah kondsi dimana lensa terbuka paling lebar untuk membiarkan cahaya masuk sesuai diameter lensa itu sendiri.Dengan demikian pada focal length 18 mm bukaan lensa maksimum adalah F3.5 dan pada focal length 135 mm,bukaan lensa maksimum adalah F5.6.

IS
IS = Image Stabilization sebuah fitur yang disematkan pada kamera membantu mencegah blur karena efek getaran tangan pada saat memegang kamera.

STM
STM adalah Stepper Motor, sebuah teknik putaran dengan motor khusus untuk auto fokus. STM menonjolkan kemulusan transisi auto fokus saat live view dan khususnya saat rekam video. Selain itu lensa STM dirancang silent dalam arti tidak ada suara perputaran motor fokus yang terekam saat sedang rekam video. Jadi  STM disebut juga dengan Smooth Transistion for Motion.

Pada kamera jenis berbeda,ada yang tidakmenggunakan fitur STM,namun menggunakan USM II.USM merupakan singkatan dari Ultra Sonic Motor. Fungsi utama lensa USM adalah auto fokus yang lebih cepat yang sangat berguna untuk mengabadikan subjek yang bergerak cepat. Salah satu kelebihan lensa USM dibanding lensa motor normal adalah auto fokus yang lebih cepat serta tidak berisik.Sedangkan angko romawi II berarti jenis lensa seri kedua dari type ini.Ataudengan kata lain perbaikan dari edisi sebelumnya (I)


Nikon D7200 KIT AF-S 18-140MM F/3.5-5.6G ED VR

AF-S
AF Teknologi autofocus pada kamera canon dimana menunjukkan fokus digerakkan oleh motor di dalam bodi kamera. Semua lensa AF memiliki CPU terintegrasi (mikroprosesor).Sedangkan AF-S adalah salah satu varian turunannya.AF-S disebut juga Auto Fokus Silent .Menggunakan "Silent Wave Motor" (SWM) (motor ultrasonik) untuk fokus dengan tenang dan cepat. Fitur serupa dengan teknologi Canon "USM" ini diperkenalkan pada tahun 1996.

ED
ED adalah Extra Low Dispersion, fitur lensa yang menawarkan ketajaman dan koreksi warna yang superior dengan meminimalkan penyimpangan kromatik.

VR
Adalah Vibration Reduction (VR) adalah teknologi stabilisasi gambar yang meminimalkan blur akibat goyangan kamera. Fitur ini serupa dengan IS pada Canon.

Pemberian kode pada kamera biasanya diberikan dengan urutan kode kamera,lensa yang digunakan,ukuran focal length,ukuran aperture atau bukaan maksimum.Kemudian akan diakhiri dengan fitur-fitur lainnya seperti Image Stabilisation (IS) dan fitur lainnya.

Sumber gambar : Static.Pexel

0 on: "Arti kode pada type kamera dslr...."