Mengkonversi file KMZ/KML menjadi file Excel.............

Setelah melakukan survey dan pemetaan pada sebuah lokasi proyek dengan melakukan marking menggunakan GPS, maka ada dua pilihan media pelaporan yang bisa digunakan.Yang pertama adalah membiarkan tetap tersimpan dalam format GPX dan yang kedua adalah menampilkan sebuah laporan yang berisi daftar/list titik waypoint dalam program spreadsheet(Excel).Beberapa pengguna membutuhkan kedua-duanya.Selain menghendaki titik-titik waypoint di sebuah peta sebagai outputnya, tabel list/daftar waypoint dalam excel tentunya lebih memudahkan kita untuk mengidentifkasi,mengelompokkan dan menghitung semua hal yang terkait dengan keperluan yang kita survey tadi.

Untuk survey dan pemetaan lokasi dengan data yang relatif sedikit,tentu tidaklah menjadi masalah apabila kita salin satu persatu untuk menampilkannya dalam sebuah tabel spreadsheet.Namun apabila data pemetaan itu meliputi panjang puluhan kilometer dengan ribuan titik waypoint,maka akan menjadi persoalan tersendiri apabila kita melakukannya dengan cara manual.Di samping melelahkan dan memerlukan waktu lama,pekerjaan menyalin data secara manual sangat rawan dengan kesalahan.

Cara termudah adalah dengan mengkonversi data yang kita punyai sehingga bisa disajikan dalam program spredsheet/Excel.Ada beberapa cara mengkonversi titik waypoint dalam KML menjadi sebuah file yang bisa dibuka di Microsoft Excel.Apabila masih berupa file dalam GPX/GDB,maka rubah file menjadi KML dengan menggunakan Google Earth.Caranya gampang,buka file menggunakan Map Source kemudian pilih menu Viewà-->View in Google Earth.Ketika sudah berada di Google Earth,anda tinggal melakukan Save Place As dan pilihlah extensi file berekstensi KML.


1.    Mengkonversi secara manual.
Mengkonversi file KML menjadi Excel bisa dilakukan seara manual.

Langkah pertama :
Rubah file ber ekstensi kml menjadi xml.Untuk merubahnya anda harus masuk ke command prompt sebagai administrator.

Masuk ke folder dimana file kml disimpan.Dalam contoh file disimpan di drive d:\semarang\kmz
Setelah berada di dalam folder tempat file berada, maka beri perintah di command prompt untuk merubah ekstensi kml ke xml.
 ren namafile.kml namafile.xml

Setelah perintah tersebut maka file telah berubah berekstensi xml

Langkah kedua :
Buka Microsoft excel .Pilih menu dropdown Data-->From Other Sourceà--> From XML  Data Import kemudian pilih file yang  telah berekstensi xml tadi.Secara beruntun ada akan  2 pertanyaan klik OK saja,selanjutnya data titik waypoint akan ditampilkan dalam table.Jika hanya ingin menampilkan nama titik waypoint dan koordinatnya,maka tinggal dilakukan copy paste ke worksheet lain.

2.    Mengkonversi file KMZ secara online.
Untuk konversi secara online ini bisa dilakukan langsung dari file KMZ.Salah satu situs yang mempunyai layanan tersebut adalah Mygeodata.cloud.
Caranya adalah upload file KMZ yang hendak dikonversi.

Kemudian pilih hasil yang diinginkan dalam hal ini kita pilih Microsoft Office Open XML Spreadsheet sebagai outputnya.Setelah dikonversi,kita akan diberikan link untuk mendownload hasil konversi tadi.

Sayangnya layanan ini hanya menyediakan maksimum 3 data perbulan secara gratis.Lebih dari 3 data,kita tidakbisa melakukan konversi terkecuali dengan membayarnya.

Layanan konversi online lain ada di Zonum.com.Di sini kita bisa mengupload file untuk dikonversi maksimal 8 MB.Jauh lebih leluasa digunakan dibandingkan situs Mygeodata.cloud di atas.

3.    Mengkonversi file KML ke file Excel menggunakan software.
Download software KMLCSV Converter secara gratis di choonchernlim.com

Langkah pertama : klik Configure untuk memasukkan folder dimana file KML berada.

    Langkah kedua : klik file KML yang akan dikonversi kemudian klik Create File
   
Setelah klik Create File,hasil konversi akan terlihat di sisi kiri di bawah file KML.Hasil konversi   akan di simpan di folder yang sama dengan file KML
    

Post a Comment

3 Comments