Apakah yang dimaksud camera body only.............?




Untuk jenis kamera DSLR tertentu, sering kita lihat dijual dalam bentuk  camera Body Only seperti nampak dalam gambar di atas.Apakah maksud camera body only? Body kamera merujuk pada  bagian utama kamera yang berisi control dan tombol  menu,layar LCD dan rangkaian elektronika terkait.Bodi kamera juga adalah bagian yang kita pegang pada saat menggunakan kamera tersebut.Maka pengertian camera body only merujuk pada penjualan body kamera tanpa lensa. Pada dasarnya kamera terdiri dar tiga bagian utama
1.            Bodi Kamera
2.            Lensa
3.            Sensor

Salah satu karakteristik kamera DSLR adalah lensa dapat dilepas dan diganti-ganti sesuai kebutuhan.Dalam penjualan kamera biasanya ada jenis kamera yang dijual built in dengan lensa(kamerakit),tapi ada juga kamera yang dijual hanya berupa body kamera.Lensa yang dijual  built in dengan body kamera biasanya merupakan lensa standar dengan ukuran 18mm- 55 mm.

Banyak alasan orang lebih memilih camera body only dibandingkan dengan kamera kit.Salah satunya adalah pengguna kamera lama yang ingin upgrade body kamera.Pengguna lama yang ingin upgrade kamera biasanya sudah memiliki koleksi lensa.Yang kedua adalah pengguna yang ingin menggunakan lensa dengan kualitas yang lebih baik dari lensa bawaan kamera kit.Pengguna jenis ini biasanya kalangan professional ataupun pengguna dengan dukungan dana melimpah.

Keuntungan pembelian kamera kit adalah kamera langsung bisa digunakan.Harga juga jauh lebih murah dibandingkan pembelian kamera body dan lensa secara terpisah.Untuk pemula dan masih awam soal kamera DSLR, lensa  bawaan dalam kamera kit tentu sudah mencukupi.Apalagi pengetahuan tentang teknik fotografi dan ragam lensa yang dibutuhkan belum begitu memadai.

Post a Comment

2 Comments

  1. Saya baru mau akan membeli kamera DSLR. Tapi, saya juga bukan pengguna pemula. Saya lumayan tahu tentang kamera. Terimakasih postingannya. Sangat membantu untuk saya yang baru mau beli kamera :))

    ReplyDelete