Comments

Recent Comments:

Post Top Ad

Post Top Ad

Archive

Newsletter

Post Top Ad

Author Details

Seorang Ibu Rumah Tangga biasa.Mengisi waktu dengan belajar menulis

Hot

Sponsor

Beauty

Popular

Recent

About Us

Friday, November 6, 2015

Apa perbedaan cat dasar tembok dengan plamir.....?


Pada dasarnya plamir adalah cat dasar juga.Plamir diaplikasikan pada dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok.Namun berbeda dengan cat dasar fungsi utama plamir adalah meratakan dinding yang akan dicat.Kekurang sempurnaan acian pada dinding seperti adanya lubang kecil,retak pada acian dan permukaan dinding yang tidak rata diperbaiki dengan plamir.Dengan demikian penggunaan plamir tidak disarankan untuk keseluruhan dinding.

Pada umumnya produk plamir di pasaran hanya disarankan untuk penggunaan pada dinding interior.Pada dinding eksterior,plamir cenderung cepat mengelupas terkena terpaan hujan dan panas.Untuk penggunaan di dinding eksterior harus menggunakan plamir khusus semisal Dulux Weathershield Putty yang memang didesain untuk penggunaan eksterior.

Sedangkan cat dasar dipalikasikan pada seluruh dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok.Fungsi dari penggunaan cat dasar sendiri adalah sebagai berikut :
  • Merekatkan cat baru pada dinding lama (lapisan pengikat top coating).
  • Menutup pori-pori atau permukaan yang tidak rata. Setelah penggunaan plamir masih dimungkinkan adanya pori-pori kecil pada dinding dan kurang rata,maka digunakan cat dasar untuk menyempurnakannya.
  • Mencegah alkali masuk ke lapisan cat.Kandungan alkali yang tinggi, terutama pada dinding yang masih baru, bisa merusak cat dinding Anda. Penggunaan cat dasar berguna untuk menjadi penyekat antara lapisan dinding dalam dan luar, sehingga kandungan alkali tidak akan masuk ke lapisan cat. Dengan mencegah alkali masuk ke lapisan cat, maka cat akan terhindar dari pengapuran. 
  • Menghemat penggunaan cat akhir.Biasanya untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, kita harus mengaplikasikan cat akhir sampai berkali-kali (3 kali). Dengan menggunakan cat dasar terlebih dahulu, warna cat akhir akan tampak lebih indah meskipun hanya mengaplikasikan 2 lapis. 
  • Membuat kualitas pengecatan menjadi lebih halus dan warna menjadi sempurna.
Macam-macam jenis cat dasar di pasaran adalah sebagai berikut :
  • Undercoat tembok / alkali resisting primer.Cat dasar dengan bahan emulsi acrylic 100% yang mempunyai sifat khusus yaitu daya tahan terhadap alkali yang tinggi,daya pengisi dan daya lekat yang sangat baik sekali dan dapat menghemat penggunaan cat akhir karena mempercepat proses perolehan warna akhir yang diinginkan. Disarankan untuk digunakan pada permukaan tembok baru dengan plesteran semen/beton yang telah kering sempurna.Cara menggunakannya adalah tanpa dilakukan pengenceran dengan air. 
  • Water sealer water based.Cat dasar dengan bahan emulsi acrylic 100% yang tidak mengandung pewarna (transparan).digunakan untuk memperbaiki daya lekat cat lama yang telah mengapur atau melapisi permukaan tembok yang telah dihilangkan lapisan cat lamanya. Cara menggunakannya adalah tanpa dilakukan pengenceran dengan air. 
  • Water Proofing wall sealer.Cat dasar dengan bahan emulsi acrylic 100% yang tidak mengandung pewarna ( transparan).khusus di formulasikan untuk cat dasar pada tembok lama/baru dari plesteran beton / semen yang lembab, Cara menggunakannya adalah tanpa dilakukan pengenceran dengan air. Khusus untuk water proofing sealer antara setiap lapisan cat dasar harus dibiarkan selama 24 jam sebelum dilakukan pengecatan ulang lagi.
Diolah dari berbagai sumber :
1.Era Muslim
2.Taka Paint
3. Movilex

2 on: "Apa perbedaan cat dasar tembok dengan plamir.....?"
  1. Salam bahagia untuk semua,
    Saya ingin bertanya tentang cara mengecat dinding lama yg biasanya menggunakan campuran pasir kapur dan bubuk bata merah. Apakah ada pelapis yang bisa melekatkan cat fengan tembok model tersebut. Karena hampir semua metode yang saya gunakan tidak bisa membuat cat bertahan lama dan mengelupas. Trimakasih untuk tanggapan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman pribadi yang tinggal di rumah lama juga, saya biasanya langsung mengamplas dinding sampai halus lalu diberi cat dasar tanpa menggunakan plamir, kemudian di cat dengan cat interior.

      Delete