Bagaimana proses pembuatan SKCK...?

SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian.Dulu disebut Surat Keterangan Kelakuan Baik ( SKKB ).SKCK merupakan Surat keterangan yang menyatakan bahwa si pemegang SKCK tidak mempunyai catatan kriminal atau tersangkut tindak kejahatan.Biasanya,SKCK banyak dicari untuk keperluan melamar pekerjaan.Meski demikian tak tertutup kemungkinan SKCK dibuat untuk keperluan lain.Misal di restricted area Bandara Soekarno Hatta,untuk pembuatan kartu pas sebagai ijin masuk area memerlukan SKCK sebagai salah satu persyaratnnya.

Syarat-syarat pembuatan SCKCK antara lain :

1.Surat Pengantar Kelurahan / Desa.Untuk membuat surat pengantar dari kelurahan biasanya diperlukan surat pengantar dari RW yang dishakan oleh RW setempat
2.Pas foto ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar.
3.Foto kopi KTP atau surat keterangan domisili bagi yang ber KTP luar daerah.

Proses pembuatan SKCK sendiri adalah :

1.Persyaratan di bawa ke Polres atau Polsek setempat.
2.Mengisi frormulir
3.Pengambilan Sidik jari
4.Terbit SKCK

Berapa biaya pembuatan SKCK?

Biaya Pembuatan SKCK ini ternyata bervariatif dan tidak seragam antara Polsek yang satu dengan yang lainnya.Belum lama penulis mengurus pembuatan SKCK di Polsek dikenakan tarif Rp. 25.000,-.Di Polsek lain,ada yang biayanya malah hanya Rp. 17.500,-.Tentunya ada biaya lain yang juga mesti dikeluarkan,misal biaya ala kadarnya ketika membuat surat pengantar di RT/RW dan Kelurahan.

Berapa lama proses pembuatan SKCK?.

Lama pembuatan SKCK ini tergantung dari banyak tidaknya permintaan SKCK di daerah bersangkutan.Yang penulis alami,di Polsek di mana penulis tinggal, pembuatan SKCK ini memakan waktu 2 hari.Selain karena waktu jam pelayanan yang terbatas ( dari jam 8.00 s/d jam 11.00 ),permintaan SKCK dari para pencari kerja juga sangat tinggi.Maklum saja daerah kami merupakan sasaran para pencari kerja karena banyaknya pabrik-pabrik dan kawasan industri.

Tips untuk membuat SKCK secara cepat :

Di Polres biasanya permintaan pembuatan SKCK sangat rendah,maka proses pembuatan SKCK biasanya memakan waktu lebih singkat.Penulis pernah mengalami,pembuatan SKCK di Polres hanya memakan waktu tak lebih dari 1 jam.
Permintaan pembuatan SKCK di tingkat Polres meningkat tajam ketika musim penerimaan pegawai negeri.Polsek memang tidak menerima pembuatan SKCK yang digunakan untuk persyaratan melamar pekerjaan PNS.

Post a Comment

0 Comments